Jasa Kalibrasi Torque Tester

Torque tester adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur dan menguji tingkat torsi atau gaya putar pada suatu objek. Alat ini biasanya digunakan dalam berbagai industri, seperti manufaktur, otomotif, dan permesinan.

Seperti halnya alat ukur lainnya, torque tester juga membutuhkan kalibrasi secara berkala. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, antara lain perubahan suhu, keausan atau kejutan mekanis yang dialami alat, atau penggunaan yang berulang. Ketidakakuratan hasil pengukuran dapat terjadi jika alat tidak dikalibrasi dengan benar, sehingga dapat berdampak pada kualitas dan kehandalan produk yang dihasilkan.

Pemahaman yang baik dalam melakukan kalibrasi pada alat ukur ini sangat penting. Oleh karena itu, pada bagian selanjutnya, kita akan membahas secara rinci cara kalibrasi alat ukur torque tester ini sesuai dengan standar yang berlaku. Dengan memahami prosedur kalibrasi yang tepat, pengguna dapat memastikan bahwa alat ukur tersebut memberikan hasil yang akurat dan konsisten dalam pengukuran torsi.

Cara Kalibrasi Torque Tester Menurut Standar

Sebagai instrumen yang sangat penting dalam memastikan akurasi dan presisi alat-alat mekanik, torque tester harus selalu dalam keadaan terkalibrasi dengan baik. Proses kalibrasi ini mengacu pada standar internasional yang telah ditetapkan, pada bagian berikutnya akan kita bahas standar, rentang ukur, sampai dengan penggunaan metodenya.

Standar Kalibrasi, Rentang Ukur dan Metode

Standar ISO/IEC 17025:2017 adalah standar internasional yang merujuk pada kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi. Standar ini membantu laboratorium dalam mengembangkan sistem manajemen dan menjaga keandalan hasil pengujian dan kalibrasi. Rentang ukur dan metode kalibrasi akan sangat bergantung pada jenis dan spesifikasi torque tester yang digunakan.

Misalnya, beberapa torque tester memiliki rentang ukur dari 10 Nm hingga 1000 Nm, sedangkan yang lain mungkin memiliki rentang yang lebih luas atau lebih sempit. Metode kalibrasi biasanya melibatkan pengujian torque tester dengan berbagai beban torque yang diketahui nilainya untuk memastikan bahwa alat tersebut memberikan pembacaan yang akurat dan konsisten. Setiap nilai yang dihasilkan dari torque tester kemudian dibandingkan dengan nilai standar untuk mengevaluasi kinerjanya.

Tahapan Kalibrasi

Proses kalibrasi torque tester juga melibatkan beberapa tahapan penting yang harus diikuti untuk memastikan keakuratan dan keandalan alat. Berikut ini adalah uraian singkat mengenai langkah-langkah dalam melakukan kalibrasi torque tester, mulai dari persiapan hingga penerbitan laporan hasil kalibrasi.

  • Persiapan
    Pada tahap persiapan, periksa kondisi fisik torque tester dan pastikan bahwa semua komponennya berfungsi dengan baik. Siapkan peralatan kalibrasi yang akan digunakan sesuai dengan standar yang berlaku, serta pengaturan lingkungan kerja agar memenuhi syarat kalibrasi yang diperlukan.
  • Pelaksanaan
    Pelaksanaan kalibrasi torque tester dilakukan dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Proses ini melibatkan penggunaan sistem kalibrasi yang sesuai, seperti mesin uji torsi atau sel beban, dan pengambilan nilai torsi pada berbagai titik sepanjang rentang pengukuran alat. Setiap pengukuran diulang beberapa kali untuk memastikan konsistensi dan akurasi data yang diperoleh.
  • Penghitungan Data dan Ketidakpastian
    Setelah proses pengukuran selesai, data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk menentukan ketidakpastian pengukuran. Ketidakpastian ini mencerminkan tingkat kepercayaan hasil kalibrasi dan menjadi bagian penting dalam menilai kualitas kalibrasi yang dilakukan. Penghitungan ketidakpastian melibatkan analisis statistik dari data pengukuran, serta memperhitungkan faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi hasil kalibrasi.
  • Merancang dan Menerbitkan Laporan
    Tahap terakhir dalam proses kalibrasi torque tester adalah merancang dan menerbitkan laporan hasil kalibrasi. Laporan ini mencakup informasi tentang kondisi alat sebelum dan sesudah kalibrasi, detail prosedur yang diikuti, data pengukuran, ketidakpastian, serta perbandingan antara nilai pengukuran dengan standar yang berlaku. Laporan ini dapat digunakan sebagai bukti bahwa torque tester telah dikalibrasi secara benar dan sesuai dengan standar yang relevan.

Manfaat Kalibrasi Berdasarkan Standar

Kalibrasi torque tester merupakan proses penting yang harus dilakukan secara berkala untuk memastikan keakuratan dan keandalan pengukuran torsi. Dalam menjalankan kalibrasi torque tester, berbagai standar dan pedoman telah ditetapkan sebagai acuan untuk memastikan bahwa hasil kalibrasi sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Dengan mengikuti standar yang berlaku, kita dapat meraih beberapa manfaat penting yang akan dijelaskan berikut ini.

  • Pertama, kalibrasi torque tester secara berkala membantu menjaga kondisi instrumen atau alat ukur tetap sesuai dengan spesifikasinya. Dengan melakukan kalibrasi yang tepat, kita dapat memastikan bahwa torque tester berfungsi sebagaimana mestinya dan memberikan hasil pengukuran yang akurat sesuai dengan parameter yang ditetapkan.
  • Selanjutnya, kalibrasi torque tester juga membantu dalam mengetahui besarnya penyimpangan alat ukur serta bahan ukur yang digunakan. Dalam proses kalibrasi, akan terungkap jika terdapat perbedaan antara hasil pengukuran yang diberikan oleh torque tester dengan nilai yang sebenarnya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa instrumen tersebut dapat memberikan hasil yang konsisten dan dapat diandalkan.
  • Selain itu, kalibrasi juga berperan dalam mencegah kecelakaan. Dengan memastikan torque tester berfungsi dengan baik dan memberikan hasil pengukuran yang akurat, risiko kesalahan atau kegagalan dalam penerapan torsi pada baut atau sekrup dapat diminimalkan. Hal ini sangat penting dalam industri otomotif dan sektor-sektor lain di mana penerapan torsi yang tepat adalah kunci keselamatan dan kualitas.
  • Selanjutnya, melalui kalibrasi torque tester, kita dapat mengetahui degradasi kinerja alat ukur tersebut seiring berjalannya waktu. Perubahan performa atau kondisi alat ukur dapat terdeteksi melalui kalibrasi secara berkala, sehingga langkah-langkah perawatan atau perbaikan yang diperlukan dapat diambil untuk memastikan alat tetap berfungsi dengan baik.
  • Terakhir, kalibrasi torque tester membantu dalam mengetahui perubahan akurasi dan presisi alat ukur. Dengan mengukur dan membandingkan hasil kalibrasi dengan standar yang ditetapkan, kita dapat mengevaluasi apakah alat ukur tersebut masih memberikan hasil yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan. Jika terdapat perubahan akurasi atau presisi, langkah-langkah perbaikan atau penggantian dapat diambil untuk memastikan bahwa alat ukur tersebut dapat terus memberikan hasil yang akurat.

Jasa Kalibrasi Torque Tester Terakreditasi dari Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menawarkan layanan kalibrasi torque tester terakreditasi yang sangat penting untuk memastikan keakuratan dan keandalan alat ukur Anda. Dalam pembahasan bagian ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai ruang lingkup layanan yang kami tawarkan, mitra terakreditasi yang bekerja sama dengan kami, dan informasi penawaran yang dapat Anda pertimbangkan.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup layanan kalibrasi torque tester yang kami tawarkan mencakup berbagai jenis torque tester, termasuk manual, digital, dan pneumatik. Kami menggunakan metode dan peralatan kalibrasi yang sesuai dengan standar nasional dan internasional untuk memastikan bahwa alat ukur Anda tetap akurat dan efisien dalam penggunaannya.

Mitra Terakreditasi

Untuk menjamin kualitas layanan kalibrasi, kami bekerja sama dengan mitra terakreditasi yang memiliki sertifikat dan pengalaman yang memenuhi standar industri. Mitra terakreditasi kami telah melalui proses seleksi ketat untuk memastikan bahwa mereka memiliki kompetensi dan pemahaman yang mendalam tentang prosedur kalibrasi yang benar dan standar yang berlaku. Contohnya saja mitra kalibrasi yang kami miliki adalah PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia, laboratorium kalibrasi ini sudah teruji kemampuan dan kualitasnya dalam bidang jasa kalibrasi Torque Tester, sebab mereka telah terakreditasi oleh KAN yang bisa Anda cek sendiri sertifikat akreditasinya di laman resmi kalibrasi.com.

Informasi Penawaran

Kami menawarkan paket layanan jasa kalibrasi torque tester dengan harga yang kompetitif dan fleksibel, disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Untuk informasi lebih lanjut tentang penawaran kami, Anda dapat menghubungi tim pemasaran kami melalui telepon, surel, atau mengunjungi situs web kami.

Kami dengan senang hati akan membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk kebutuhan kalibrasi torque tester Anda. Jika anda tertarik dengan penawaran yang akan kami tawarkan, bisa Anda kunjungi langsung isi form berikut ini.