Jadwal Kalibrasi Alat Laboratorium

Penting bagi kita untuk melakukan kalibrasi alat laboratorium secara rutin untuk memastikan bahwa hasil pengukuran yang lebih akurat. Seperti kebanyakan jenis peralatan, peralatan laboratorium yang digunakan secara terus menerus dapat membuat alat tersebut mengalami penurunan performa pengukuran hingga mengalami kerusakan.

Maka dari itu dibutuhkanlah kalibrasi agar dapat berfungsi secara optimal dan memberikan hasil yang akurat dan konsisten. Kalibrasi alat laboratorium adalah proses verifikasi terhadap tingkat akurasi pengukuran sesuai dengan spesifikasinya. Kalibrasi dilakukan dengan standar acuan yang berlaku baik setingkat nasional ataupun internasional. Namun kapan jadwal kalibrasi alat laboratorium yang tepat? Untuk menjawabnya mari kita simak penjelasan berikut ini.

Kapan Menentukan Jadwal Kalibrasi Alat Laboratorium?

Jadwal kalibrasi alat laboratorium harus ditentukan sejak awal pada saat peralatan laboratorium di beli atau saat alat laboratorium tersebut pertama kali digunakan. Biasanya produsen dari alat laboratorium sudah memberikan rekomendasi kapan waktu kalibrasi di buku panduan ataupun buku manual penggunaan alat tersebut. Selain itu ada beberapa kondisi di mana peralatan laboratorium ini perlu dikalibrasi yakni:

  • Saat Alat Mengalami Ketidakakuratan

    Ketidakakuratan ini bisa diakibatkan berbagai faktor, seperti misalnya karena kesalahan penggunaan, kondisi lingkungan, hingga kerusakan fisik yang dapat mempengaruhi kinerja alat laboratorium tersebut. Alat laboratorium mengalami ketidakakuratan dalam melakukan kalibrasi yang cukup signifikan dibandingkan dengan menggunakan standar yang digunakan, maka diperlukan proses kalibrasi kembali.

  • Ketika Pengukuran Tidak Sesuai

    Alat laboratorium yang sudah mulai mengalami pengukuran yang tidak sesuai maka bisa dipengaruhi dari seberapa sering alat tersebut digunakan dan juga seberapa penting dari hasil pengukurannya. Jika Alat laboratorium yang digunakan secara intensif dan memiliki hasil yang kritis, maka perlu dilakukan proses kalibrasi yang lebih sering, seperti misalnya 1 atau 2  bulan sekali. Namun sebaliknya jika Alat laboratorium jarang digunakan atau hasil pengukuran yang tidak terlalu penting, maka perlu dilakukan kalibrasi setiap beberapa bulan atau minimal 1 tahun sekali.

  • Ketika Masa Kalibrasi Alat Sudah Habis

    Setiap laboratorim memiliki jadwal kalibrasi peralatannya masing-masing tergantung dari jenis peralatannya dan juga frekuensi penggunaannya. Selain itu setiap peralatan yang sudah dikalibrasi memiliki masa kalibrasinya yang bisa digunakan selama masa pakainya masih berlaku. Jika masa kalibrasinya sudah habis maka peralatan tersebut harus dilakukan kalibrasi ulang sebelum digunakan kembali. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran dari alat laboratorium tersebut sudah sesuai dengan standar yang berlaku dan sesuai dengan spesifikasinya.

Contoh Kalibrasi Alat Laboratorium

Pada sebuah laboratorium memiliki beberapa alat-alat yang perlu dikalibrasi secara berkala, diantaranya:

  • Timbangan Analitik

    Timbangan analitik merupakan salah satu alat laboratorium yang memiliki peranan penting terhadap penentuan tekanan bahan. Biasanya alat timbangan analitik ini perlu dikalibrasi setiap bulan atau minimal 1 tahun sekali.

  • Oven Laboratorium

    Oven laboratorium merupakan salah satu peralatan laboratorium yang berfungsi untuk mengeringkan atau memanaskan sampel. Alat ini juga perlu dikalibrasi secara berkala agar dapat menghasilkan suhu yang akurat.

  • Mikropipet

    Mikropipet ini adalah alat laboratorium yang digunakan untuk memindahkan cairan atau sampel kecil dalam skala mikro ke wadah lainnya. Mikropipet ini juga dapat mengalami penurunan performa, dan perlu dilakukan kalibrasi dalam jangka waktu tertentu.

  • Centrifuge

    Centrifuge merupakan alat laboratorium yang memiliki fungsi untuk memisahkan komponen pada suatu campuran berdasarkan kepadatan relatifnya dengan cara memutar sampel dengan kecepatan tinggi. Alat ini juga perlu dikalibrasi agar kecepatannya sesuai dengan standar kalibrasi yang berlaku.

Demikian bahasan kita kali ini tentang bagaimana jadwal kalibrasi alat laboratorium diatas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa setiap alat laboratorium perlu dilakukan kalibrasi sesuai dengan jenis alatnya, dan juga frekuensi dari pemakaian alat tersebut. Bagaimana apakah Anda sudah paham? Semoga artikel penentuan jadwal kalibrasi pada alat laboratorium ini bisa membantu Anda!